Tugas dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Kepala bagian

Uraian tugas :

  1. menyiapkan bahan perumusan kebijakan daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan otonomi daerah;
  2. menyiapkan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan otonomi daerah;
  3. menyiapkan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan otonomi daerah;
  4. menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan otonomi daerah;
  5. mempelajari peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang Tata Pemerintahan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas;
  6. pengoordinasian perumusan kebijakan daerah;
  7. pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah;
  8. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah;

fungsi :

  1. pelaksanaan kebijakan teknis Bagian;
  2. pelaksanaan program dan kegiatan Bagian;
  3. pelaksanaan pembinaan, pengoordinasian, pengendalian, pengawasan
  4. program dan kegiatan dalam lingkup Bagian; dan
  5. pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan dalam lingkup Bagian

Sub Bagian Administrasi Pemerintahan, mempunyai tugas Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Tata Administrasi Pemerintahan.

fungsi :

  1. pelaksanaan kebijakan teknis Sub Bagian;
  2. pelaksanaan program dan kegiatan Sub Bagian;
  3. pembinaan, pengoordinasian, pengendalian dan pengawasan program dan kegiatan dalam lingkup Sub Bagian; dan
  4. pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan dalam lingkup Sub Bagian;

Uraian tugas :

  1. melakukan sinkronisasi dan korelasi kerja dengan Sub Bagian lainnya di lingkungan Bagian Tata Pemerintahan dalam rangka penyusunan program kerja Sub Bagian Administrasi Pemerintahan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan;
  2. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas Sub Bagian Administrasi Pemerintahan serta menyusun bahan untuk pemecahan masalahnya;
  3. mengumpulkan bahan dan melaksanakan rapat koordinasi satuan kerja Perangkat Daerah rapat koordinasi pejabat pemerintah Kabupaten Pesawaran;
  4. mengumpulkan, menganalisa data serta memberikan pertimbangan dalam rangka pembinaan Perangkat Daerah di lingkungan Sub Bagian Administrasi Pemerintahan;
  5. menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan daerah bidang administrasi pemerintahan;
  6. menyiapkan bahan perumusan kebijakan daerah dibidang administrasi pemerintahan;
  7. menyiapkan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat;
  8. memfasilitasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah;
  9. menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah bidang administrasi pemerintahan;
  10. memimpin, mengarahkan dan memotivasi aparatur non struktural umum di lingkungan Sub Bagian Administrasi Pemerintahan agar dapat melaksanakan tugas secara berdaya guna dan berhasil guna;
  11. membagi habis tugas Sub Bagian Administrasi Pemerintahan kepada aparatur non struktural umum sebagai bawahannya agar setiap personil memahami tugas dan tanggung jawabnya;
  12. mengumpulkan, menghimpun dan menyusun data dari bawahan sebagai bahan untuk membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai masukan dalam penyusunan program lebih lanjut;
  13. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan;
  14. dan pelaksaaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan yang berkaitan dengan tugasnya;

Sub Bagian Administrasi Kewilayahan mempunyai tugas, Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang Administrasi Kewilayahan

Fungsi :

  1. pelaksanaan kebijakan teknis Sub Bagian;
  2. pelaksanaan program dan kegiatan Sub Bagian;
  3. pembinaan, pengoordinasian, pengendalian dan pengawasan program dan kegiatan dalam lingkup Sub Bagian; dan
  4. pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan dalam lingkup Sub Bagian;

 

Uraian Tugas :

  1. melakukan sinkronisasi dan korelasi kerja dengan Sub Bagian lainnya di lingkungan bagian tata pemerintahan dalam rangka penyusunan program kerja Sub Bagian Administrasi Kewilayahan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan;
  2. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas Sub Bagian Administrasi Kewilayahan dan menyusun bahan untuk pemecahan masalahnya;
  3. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi pembentukan, penghapusan, penggabungan dan pemekaran wilayah kecamata dan/atau desa/kelurahan;
  4. melaksanakan koordinasi penegasan batas daerah, kecamatan, desa/kelurahan, serta nama lain dan/atau pemindahan ibukota kecamatan;
  5. melaksanakan fasilitasi toponimi dan pemetaan wilayah;
  6. menyiapkan bahan penetapan kode dan data kewilayahan;
  7. menyusun bahan kebijakan pelimpahan sebagian kewenangan Kepala Daerah kepada Camat;
  8. menyusun bahan kebijakan pengelolaan dana kelurahan;
  9. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah bidang administrasi kewilayahan;
  10. memimpin, mengarahkan dan memotivasi aparatur non struktural umum di lingkungan Sub Bagian Administrasi Kewilayahan agar dapat melaksanakan tugas secara berdaya guna dan berhasil guna;
  11. membagi habis tugas Sub Bagian Administrasi Kewilayahan kepada aparatur non struktural umum sebagai bawahannya agar setiap personil memahami tugas dan tanggung jawabnya;
  12. mengumpulkan, menghimpun dan menyusun data dari bawahan sebagai bahan untuk membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai masukan dalam penyusunan program lebih lanjut;
  13. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan;
  14. dan pelaksaaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan yang berkaitan dengan tugasnya.

Sub Bagian Otonomi Daerah, mempunyai tugas Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Otonomi Daerah.

Fungsi :

  1. pelaksanaan kebijakan teknis Sub Bagian;
  2. pelaksanaan program dan kegiatan Sub Bagian;
  3. pelaksanaan pembinaan, pengoordinasian, pengendalian dan pengawasan program dan kegiatan dalam lingkup Sub Bagian; dan
  4. pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan dalam lingkup Sub Bagian

Uraian Tugas :

  1. melakukan sinkronisasi dan korelasi kerja dengan Sub Bagian lainnya di lingkungan bagian tata pemerintahan dalam rangka penyusunan program kerja Sub Bagian Otonomi Daerah untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan;
  2. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugas Sub Bagian Otonomi Daerah menyusun bahan untuk pemecahan masalahnya;
  3. menyusun bahan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD);
  4. menghimpun Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD);
  5. melaksanakan fasilitasi penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Organisasi Perangkat Daerah;
  6. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi proses pengusulan, pengangkatan dan pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
  7. memfasilitasi pengusulan Izin dan Cuti Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
  8. menyusun bahan Laporan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kepala Daerah;
  9. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi persiapan dan pelaksanaan Pemilihan Umum;
  10. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi proses administrasi pergantian antar waktu pimpianan dan anggota legislative;
  11. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah bidang otonomi daerah;
  12. memimpin, mengarahkan dan memotivasi aparatur non struktural umum di lingkungan Sub Bagian Otonomi Daerah agar dapat melaksanakan tugas secara berdaya guna dan berhasil guna;
  13. membagi habis tugas Sub Bagian Otonomi Daerah kepada aparatur non struktural umum sebagai bawahannya agar setiap personil memahami tugas dan tanggung jawabnya;
  14. mengumpulkan, menghimpun dan menyusun data dari bawahan sebagai bahan untuk membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai masukan dalam penyusunan program lebih lanjut;
  15. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas bawahan;
  16. dan pelaksaaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan yang berkaitan dengan tugasnya;